Minggu, 08 April 2012

PERSIAPAN MENGAJAR MIKRO (MEMBUKA PELAJARAN)


PERSIAPAN MENGAJAR MIKRO

SEKOLAH PENDIDIKAN              : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN                        : BAHASA ARAB
KELAS / SEMESTER                      : VII / GENAP
MATERI PEMBELAJARAN            : FI’IL MADHI
ALOKASI WAKTU                         : 7 MENIT

KETEAMPILAN YANG DILATIH   : MEMBUKA PELAJARAN
TUJUAN LATIHAN                         : Agar calon guru dapatberlatihdalam:
-          Memberikanperhatiandanmotivasi.
-          Menciptakansuasana yang nyamandankondusif.
PEMBELAJARAN
a.       StandarKompetensi                           : Mengetahuifi’ilmadhi
b.      KompetensiDasar                              : Mengetahuifi’ilmadhidanbisamemberikan
                                                           contohfi’ilmadhi
c.       Indikator                                           : Siswa bias membuatkalimatmenggunakanfi’ilmadhi.
KEGIATAN PEMBELAJARAN       :

No
UraianKegiatan
Diskriptor
1
a.       Guru harusmemperhatikankesiapansiswasebelumpelajarandimulai.
b.      Guru harusmemulaipelajaransetelahsiswasiapuntukbelajar.
c.       Guru harusbisamengenalkanpembelajarandenganmenarik.
d.      Guru harusmengenalkanpokokpelajarandanmenyuruhsiswauntukmenghubungkanpengetahuan yang sudahdiketahuiolehsiswa.

MembuatAcuan
2
a.       Guru harusbertanyakepadasiswatentangpelajaransebelumnya, sebelummelanjutkanpelajaran.
b.      Guru menyuruhsalahsatusiswauntukmenghubungkanpengalamansiswadenganmateri yang dipelajari.
c.       Guru menyuruhsiswauntukmengaitkanpelajaransebelumnyadenganmembuatkalimat.
d.      Guru harusmenjelaskantentangfi’ilmadhidanfungsinyasecaraterinci.
MembuatKaitan
3
a.       Guru harusmenarikperhatiansiswadengangayamengajar yang bervariasi
b.      Guru haruspenggunaanalatbantupembelajaran.
c.       Guru harusmenggunakanbajuatauseragam yang rapih, sopandanbersih.
d.      Guru harusmenarikperhatiansiswadenganpolainteraksi yang bervariasi.
MenarikPerhatianSiswa.
4
a.       Guru harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkansuasanahangatdengancaramemberikanpertanyaan.
b.      Guru harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkanantusiassiswadengan Tanya jawab.
c.       Guru harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkan rasa ingintahudengancaramemancingsiswa agar bertanyadanmemberikanhadiah, pujiandll.
d.      Guru harusmenguasaikeadaansiswadanmeperhatikankeadaansiswasebelumpelajarandimulai.
MeningkatkanMotivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar