PERSIAPAN MENGAJAR MIKRO
SEKOLAH
PENDIDIKAN : MADRASAH
TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN
: BAHASA ARAB
KELAS /
SEMESTER : VII /
GENAP
MATERI
PEMBELAJARAN : FI’IL
MADHI
ALOKASI WAKTU : 7 MENIT
KETEAMPILAN YANG
DILATIH : MEMBUKA PELAJARAN
TUJUAN LATIHAN : Agar calon guru
dapatberlatihdalam:
-
Memberikanperhatiandanmotivasi.
-
Menciptakansuasana
yang nyamandankondusif.
PEMBELAJARAN
a.
StandarKompetensi : Mengetahuifi’ilmadhi
b.
KompetensiDasar :
Mengetahuifi’ilmadhidanbisamemberikan
contohfi’ilmadhi
c.
Indikator : Siswa bias
membuatkalimatmenggunakanfi’ilmadhi.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No
|
UraianKegiatan
|
Diskriptor
|
1
|
a.
Guru
harusmemperhatikankesiapansiswasebelumpelajarandimulai.
b.
Guru
harusmemulaipelajaransetelahsiswasiapuntukbelajar.
c.
Guru
harusbisamengenalkanpembelajarandenganmenarik.
d.
Guru
harusmengenalkanpokokpelajarandanmenyuruhsiswauntukmenghubungkanpengetahuan
yang sudahdiketahuiolehsiswa.
|
MembuatAcuan
|
2
|
a.
Guru
harusbertanyakepadasiswatentangpelajaransebelumnya,
sebelummelanjutkanpelajaran.
b.
Guru
menyuruhsalahsatusiswauntukmenghubungkanpengalamansiswadenganmateri yang
dipelajari.
c.
Guru
menyuruhsiswauntukmengaitkanpelajaransebelumnyadenganmembuatkalimat.
d.
Guru
harusmenjelaskantentangfi’ilmadhidanfungsinyasecaraterinci.
|
MembuatKaitan
|
3
|
a.
Guru
harusmenarikperhatiansiswadengangayamengajar yang bervariasi
b.
Guru
haruspenggunaanalatbantupembelajaran.
c.
Guru
harusmenggunakanbajuatauseragam yang rapih, sopandanbersih.
d.
Guru
harusmenarikperhatiansiswadenganpolainteraksi yang bervariasi.
|
MenarikPerhatianSiswa.
|
4
|
a.
Guru
harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkansuasanahangatdengancaramemberikanpertanyaan.
b.
Guru
harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkanantusiassiswadengan Tanya jawab.
c.
Guru
harusmenguasaikeadaansiswadanmenimbulkan rasa
ingintahudengancaramemancingsiswa agar bertanyadanmemberikanhadiah,
pujiandll.
d.
Guru
harusmenguasaikeadaansiswadanmeperhatikankeadaansiswasebelumpelajarandimulai.
|
MeningkatkanMotivasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar